Tambah Penghasilan Anda

Selamat Datang di blog Sapundu yang mengisahkan tentang Adat Kalimantan Tengah, Berita Kalteng - Palangkaraya, Potret Kehidupan. Selamat menikmati!!!!!!!!!!!!!!

Benarkah Kebudayaan Kalteng Hampir Kehilangan Arah

Rabu, 31 Maret 2010

Ungkapan tersebut keluar dari salah satu teman saya yang kini tengah menduduki bangku kuliah disalah satu perguruan tinggi negeri jurusan seni dan sastra indonesia. Ungkapan tersebut keluar dari mulutnya setelah teman saya itu melakukan survey guna kepentingan penelitian dimana Modern Dance lebih memikat dibandingkan tradisional dance. Percaya atau tidak ini fakta yang diceritakan teman saya. Maka dari itu keluarlah pernyataan nya yang mengatakan "Benarkah Kebudayaan Kalteng Hampir Kehilangan Arah?"

Kebudayaan luar memang tak dapat dipungkiri kian merasuk masuk kedalam jiwa anak muda kalteng sekarang ini. Mulai dari jenis HIP HOP sampai ROCK hingga R&B. Lantas kemana musik hiphop versi anak uluh itah yang biasa dimainkan dengan kecapi ditambah kangkanung ataupun pukulan katambung? Sekali lagi zaman telah memakannya.

Dulu waktu saya sma, saya punya seorang teman pencinta musik daerah, yang punya cita - cita ingin mendirikan sanggar seni dan tari tradisional adat kalimantan tengah. Karena saking cintanya dengan musik daerah teman saya ini membentuk sebuah band musik yang memadukan alat musik modern dan alat musik tradisional. Pukulan gong seakan padu dengan pukulan dram, gitar pun selaras dengan kecapi yang di iringi dengan bass dan keyboard. Ditambah lagi sang vokalis yang mengeluarkan suara khas. Inilah yang dinamakan Karungut Modern. Sayang beribu sayang band yang dibentuk oleh teman saya ini hilang dari peredaran karena kekurangan dana. Mungkin lain waktu ketika saya sukses saya akan membangun band serupa dengan aransemen musik yang lebih maknyossssssss........ kata teman saya.

Ini bukanlah cerita fiksi tapi cerita asli teman saya lantas benarkah "Benarkah Kebudayaan Kalteng Hampir Kehilangan Arah"

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki Akun Blogger Silahkan menggunakan Mode Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN KOMENTAR ANDA

Tentang Blog Sapundu

Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sapundu

  © Sapundu Newspaper by sapundu.com 2008|Sapundu. .

Back to TOP