Tambah Penghasilan Anda

Selamat Datang di blog Sapundu yang mengisahkan tentang Adat Kalimantan Tengah, Berita Kalteng - Palangkaraya, Potret Kehidupan. Selamat menikmati!!!!!!!!!!!!!!

Mandau Senjata Tradional Suku Dayak

Jumat, 18 Juni 2010

mandau
Mandau "anak uluh itah" mana yang tidak kenal dengan senjata tradisional suku dayak yang satu ini. Mandau sendiri memiliki daya tarik yang istimewa ini dikarena ukiran yang tidak tajam pada bagian sisi yang tidak tajam.

Lebih lanjut lagi foto mandau diatas adalah foto mandau peninggalan almarhum ayah saya, menurut cerita ayah saya dulu mandau yang benar-benar asli adalah mandau yang terbuat dari besi murni (besi dari sanaman mantikei) bukan besi campuran seperti yang dijual banyak orang sekarang ini. Lebih lanjut lagi mandau jaman dulu sangat tajam, bahkan untuk memotong helai daun pun sanggup (hasil nya seperti potongan kertas yang digunting). Menurut mitos yang diceritakan almarhum ayah saya dulu mandau adalah sejenis parang yang sering digunakan untuk berburu, berperang melawan musuh, bahkan untuk melawan binatang.

Sedangkan sarung untuk Mandau dibuat dari bilah kayu yang disebut suku dayak adalah kumpang. Pada bagian luar diberi hiasan sedemikian rupa dari tanduk rusa dan sebagainya. Hal ini diyakini agar binatang buas menjauh saat kita membawa Mandau.

Uniknya dari mandau ini semakin tua umur dari mandau maka semakin tinggi harga jualnya yang bisa mencapai 30jt-an. Sedikit bocoran seperti yang saya katakan tadi bahwa mandau yang baik, bagus dan asli di buat menggunakan besi sanaman mantikei yang hanya berasal dari satu daerah yaitu hulu Sungai Matikei, Desa Tumbang Atei, Kecamatan Sanaman Matikei, Samba, Kotawaringin Timur. Besi ini besifat lentur dan mudah dibengkokkan. Masih ada sebenarnya yang ingin saya bahas mengenai Mandau ini, baik itu dari segi mistis dan mitos nya tetapi saya takut apa yang saya tulis salah. :D

Salah hangat bara lewu tambun bungai :D

Related Post



3 komentar:

zarod mengatakan...

Blogwalking... Mmm... seandainya lebih banyak foto dan kisah tentang mandau mungkin lebih menarik, salam kenal dr ampah, bartim :)

Anonim mengatakan...

link balik ke blog aku http://banuadayak.wordpress.com
makasih

abe mengatakan...

Besi mandau tdk di daerah...sanaman mantikei itu saja ...di daerah muara teweh , tepatnya di desaa montallat ..besinya tidaak hanya lentur dan tajam namun beracun

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki Akun Blogger Silahkan menggunakan Mode Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN KOMENTAR ANDA

Tentang Blog Sapundu

Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sapundu

  © Sapundu Newspaper by sapundu.com 2008|Sapundu. .

Back to TOP