Tambah Penghasilan Anda

Selamat Datang di blog Sapundu yang mengisahkan tentang Adat Kalimantan Tengah, Berita Kalteng - Palangkaraya, Potret Kehidupan. Selamat menikmati!!!!!!!!!!!!!!

Arti Hampatung/Patung Bagi Waga Suku dayak Kalimantan Tengah

Kamis, 25 Februari 2010

Kali ini web/blog Sapundu akan membawa rekan - rekan mengenal lebih dalam Arti Hampatung/Patung Bagi Waga Suku dayak Kalimantan Tengah. Biar kita sebagai generasi muda lebih menyenangi sejarah salah satu ciptaan nenek moyang suku dayak dulu kala.
Salah satu ciptaan nenek moyang suku dayak adalah Hampatung yang merupakan hasil cptaan asli leluhur / sesepuhnya Suku Dayak di Kalimanantan Tengah. Berdasarkan pembuatan Hampatung/patung dikategorikan menjadi 6 fungsi, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hampatung/patung sebagai Lambang kesuburan
2. Hampatung/patung sebagai Sarana pengobatan
3. Hampatung/patung sebagai Sarana Penolak bala
4. Hampatung/patung sebagai Upacara kematian
5. Hampatung/patung sebagai Sarana media pemujaan
6. Hampatung/patung sebagai Perwujudan

Adapun bentuk dari hampatung atau patung sendiri banyak memiliki bentuk dan motif yang unik yang dapat menarik perhatian banyak orang. Hal ini banyak di temui pada motif bangsa suku dayak Kalimantan Tengah. Dan semua didasarkan pada Kebudayaan dayak dan erat kaitannya dengan mitologi kepercayaan kaharingan yang sekarang dikenal dengan agama hindu kaharingan. Hampatung sendiri bagi umat hindu kaharingan banyak dikenal sesuatu yang bersifat sakral dan mempunyai nilai filosofi yang tinggi.

Related Post



1 komentar:

dayat_krim mengatakan...

sya stju dgn yg anda paparkan tntang sjarah suku dayak..bgi gnrasi muda suku dayak,hndakx mngtahui silsilah suku dayak!krna msh blm bnyk sjrah dyak yg d'kthui..bdaya hrusx d'junjung tnggi!!"slamat hasupa,slamat panalu,slamat hasundau..."

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki Akun Blogger Silahkan menggunakan Mode Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN KOMENTAR ANDA

Tentang Blog Sapundu

Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sapundu

  © Sapundu Newspaper by sapundu.com 2008|Sapundu. .

Back to TOP