Tambah Penghasilan Anda

Selamat Datang di blog Sapundu yang mengisahkan tentang Adat Kalimantan Tengah, Berita Kalteng - Palangkaraya, Potret Kehidupan. Selamat menikmati!!!!!!!!!!!!!!

Sapundu

Kamis, 29 Oktober 2009


Kalimantan Tengah dengan luas yang mencapai hampir 4.5 X Luas Pulau Jawa, banyak ditumbuhi berbagai macam jenis Flora dan Fauna serta Mahluk Gaib serta hasil kekayaan lainnya. Maka dari itu didalamnya melangsungkan kontinunitas kehidupan manusia dengan akal dan pikirannya bercipta karsa, karya dan kriya berusaha untuk menciptakan segala sesuatu untuk lebih mendekatkan diri dengan mikro maupun makro kosmos, agar dapar hidup nyaman, aman dan damai.

Salah satu bentuk ciptaan nenek moyang suku Dayak yang paling terkenal saat upacara adat Tiwah adalah Hampatung Upacara Kematian (Sapundu). Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sekedar untuk diketahui saja biasanya sapundu dibuat dari kayu ulin dengan tinggi relatif biasanya 1.40 M hingga 1.60 M dengan diameter 22 cm hingga 24 cm. Kebanyakan patung sapundu dibuat sedemikian rupa sesuai tema dan memiliki nilai sakral yang lebih. Karena patung sapundu ini nanti digunakan dalam upacara Tiwah.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki Akun Blogger Silahkan menggunakan Mode Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN KOMENTAR ANDA

Tentang Blog Sapundu

Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sapundu

  © Sapundu Newspaper by sapundu.com 2008|Sapundu. .

Back to TOP