Tambah Penghasilan Anda

Selamat Datang di blog Sapundu yang mengisahkan tentang Adat Kalimantan Tengah, Berita Kalteng - Palangkaraya, Potret Kehidupan. Selamat menikmati!!!!!!!!!!!!!!

Patung Karuhei

Kamis, 22 Oktober 2009

Patung Keruhei merupakan patung yagn dianggap dapat mendatangkan rejeki atau petuah bagi para pemiliknya. Patung karuhei memiliki maksud dan tujuan tertentun, Kebanyakan di Kalimantan Tengah memiliki 3-4 jenis yang diantaranya adalah sebagai berikut

1. Patung Karuhei Malan, yang sering ditujukan untuk maksud untuk mendapatkan hasil ladang yang banyak.
2. Patung Karuhei Kapintar, merupakan sebuah patung yang bagi mereka yang bersekolah atau menuntut ilmu agar sekolah dengan baik dan mudah memahami pelajaran.
3. Patung Karuhei badagang, merupakan sebuah patung untuk mereka yang membuka usaha nya di dunia perdagangan agar barang yang dijual laris manis alias semua jalan usahanya lancar abies.
4. Patung karuhei untuk memikat hati laki - laki atau perempuan.
5. Patung untuk melindungi keluarga yang biasanya menurut kepercayaan orang jaman dulu diletakkan didepan rumah.
6. Patung punduk merupakan patung yang dibuat dari potongan kayu bakar yang berfungsi untuk menolak bala kebakaran terhadap rumah.
7. Patung henda yang dibuat untuk melepaskan pengaruh seseorang cepat meninggal.

Nah, dari segi pembuatan sendiri patung karuhei dibut dari berbagai jenis kayu atau pun rutan dan baru yang dianggap memiliki kekuatan magis menurut mitos dan cerita orang dulu terutam orang pedalaman kalteng dulu. Dan patung tersebut pun didapat menurut mimpi atau pun menurut petunjuk dukun serta tetua adat di situ.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki Akun Blogger Silahkan menggunakan Mode Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN KOMENTAR ANDA

Tentang Blog Sapundu

Sapundu Khas Kalimantan Tengah biasanya banyak digali dari hasil kebudayaan dayak dan erat berkaitan dengan mitologi kepercayaan agama Kaharingan yang sekarang telah masuk kedalam agama Hindu Kaharingan, memiliki nilai sakral serta memiliki nilai filosofi yang tinggi sekali.

Sapundu

  © Sapundu Newspaper by sapundu.com 2008|Sapundu. .

Back to TOP